Thursday, June 16, 2011

layout . design . logo *LDL part 1

kemarin sore saya menghabiskan waktu 2 jam tanpa jeda untuk membaca dan menulis di perpustakaan kampus. ya ini merupakan sebuah "rekor" buat saya :D
buku yg saya baca adalah ini..

design design and design
pukul 3 siang hingga 5 sore terasa begitu cepat. saya seperti "terhipnotis" oleh buku-buku design itu. beberapa hal yg saya pelajari kemarin akan saya share disini..


LAYOUT
1. membuat sebuah layout design grafis, langsung di komputer adalah cara yg salah!
   *mungkin bukan salah jg ya, mungkin kurang tepat karena wasting time. ketika kita mencoba untuk membuat sketch kasar pada bidang sebuah kertas dan menggunakan pensil, terkadang imajinasi itu mengalir dengan sendirinya dan tingkat kesalahan yg dibuat pun bekurang, sehingga tidak membuang banyak waktu untuk berlama-lama duduk di depan komputer. dengan media kertas tersebut kita bisa membuat banyak layout kasar hingga mendapatkan approval dari boss atau client, setelah itu baru dilakukan pengerjaannya di komputer :)

2. proses pembuatan layout:
   - membuat konsep design
   - tentukan media dan spesifikasinya
   - buatlah thumbnails & dummy
   - pengerjaan di komputer
   - cetak hasil design di percetakan
* inilah skema yg benar. dengan mengikuti alur pengerjaan seperti ini tentunya dapat memudahkan kita untuk bekerja dan mendapatkan hasil yang maksimal.


3.  konsep design:
    - apa tujuan desain tersebut?
    - siapa target audience-nya?
    - apa pesan yang ingin disampaikan kepada target audience?
    - bagaimana cara menyampaikan pesan tersebut?
    - dimana, di media apa dan kapan desain itu akan dilihat oleh target audience?
*unsur-unsur pembuatan konsep ini memang terlihat "klasik", tetapi jika kita menelaah lebih dalam lagi akan memberikan pencerahan dalam melahirkan sebuah "mahakarya".

4. media:
- media apa yang paling cocok
- bahan yang digunakan (kertas, kertas daur ulang, kain dll)
- ukuran ( A4, A3, A5, x-banner, dll)
- posisi (vertikal/horizontal)
- kapan, berapa lama dan dimana karya itu didistribusikan
*media cukup mempunyai peran penting dalam pengerjaan sebuah karya desain. salah memilih media, bahan yg digunakan, ukuran bahkan posisi penempatannya akan merugikan si client dan tentunya si pembuat desain.. so pikirkan matang-matang dan diskusikan dgn client tentang keberadaan media ini :D

5. thumbnails merupakan panduan desain, dummy berguna untuk look & feelnya dan berguna untuk mengantisipasi kesalahan.

6. thumbnails: sketsa layout berbentuk mini.
    *ada baiknya membuat thumbnails tidak langsung menggunakan komputer, tetapi cukup dengan pensil + kertas dulu.

7. thumbnails berguna tidak hanya untuk memperkirakan letak elemen-elemen layout pada suatu halaman tunggal seperti flyer, namun termasuk juga urutan  dan pengaturan halaman untuk suatu karya desain publikasi yang lebih kompleks.

8. percetakan ada 5 macam teknik:
- offset : teknik paling umum untuk mencetak brosur, buku, koran dll
- flexografi/ cetak tinggi : mencetak diatas karton bergelombang/ kemasan produk
- rotogravure : mencetak label berbahan plastik untuk kemasan produk
- sablon/ cetak saring/ screen printing : biasanya untuk mencetak kaos, mug & kartu nama
- digital : teknik paling ringkas dan mudah, biasanya untuk mencetak banner, poster, dll
* beda bahan atau media berbeda pula jenis teknik percetakannya, jadi jangan sampai salah cetak ya hehe.. kalau bisa cetaklah di tempat-tempat yg sudah biasa menangani percetakan, sehingga dapat meminimalisasikan tingkat kesalahan (warna turun, potongan tidak tepat dll) :)


sementara itu dulu yang bisa saya share sekarang. akan ada part selanjutnya kok yaitu mengenai logo :)
adios!

1 comment:

  1. Pada kenyataan klo ditempat kerja ga mungkin seperti ini... Bisa bisa kena SP gara-gara kerja lamban. >o<

    ReplyDelete