Wednesday, April 3, 2013

Secangkir Kesenangan di Pagi Hari #WalkingProject


Pagi hari selalu identik dengan kopi, mau itu kopi pahit atau kopi manis. Konon katanya kopi bisa membangkitkan mood baik di pagi hari. Ya sepertinya mood seseorang terutama pekerja kantoran bisa 'dibangunkan' melalui minuman hitam nan hangat yang biasa disebut kopi. Seseorang bisa benar-benar bangun ketika meminum seruput kopi. Harumnya kopi dapat membuka mata yang sedari malam sudah terlelap dan bisa membuat seseorang benar-benar 'awake'.


Pagi ini saya mencoba untuk mengikuti ritual orang pagi, yaitu pergi ke kedai kopi dan menikmati secangkir minuman hangat tersebut. Terasa janggal buat saya yang bukan seorang pencita kopi sejati. Buat saya kopi hanya bisa dinikmati sesekali saja, terlepas dari adanya sakit maag yang saya derita. Katanya kopi kurang baik untuk penderita maag, karena terdapat kafein yang cukup keras bagi lambung. Ya sesekali tak apalah :)


Kebetulan pagi ini saya sedang berada di seputaran daerah Menteng; setelah bertanya kepada beberapa orang teman akhirnya pilihan jatuh ke Bakoel Koffie di jalan Cikini Raya. Satu kata yg terucap ketika memasuki kedai kopi ini.. HARUM! Wangi kopi menyeruak keluar ketika saya membuka pintu. Disambut dengan aroma kopi yang baru disangrai sungguh sangat menggoda selera. Ditambah dengan atmosfer kedai kopi yang terkesan jadul dan unik ala kolonial Belanda, menambah keinginan saya untuk segera menikmati kopi.


Memasuki kedai kopi @BakoelKoffieJKT seperti memasuki kehidupan masa lalu. Berlantaikan tehel kuning gading dan berinteriorkan mabel kayu jaman dulu, terasa homey sekali! Saya sangat suka dengan arsitektur kedai kopi ini :) Di kedai ini disajikan beberapa macam kopi dengan bergam pilihan. Tentunya kopi disini disajikan 'fresh from the oven', bubuk kopi yang baru digiling pada pagi hari siap disajikan kepada pelanggan. Tak hanya kopi yang disajikan disini, namun ada minuman non coffee serta beberapa macam pilihan pastry. Namun jagoannya tetap kopi hitam classic yang menggugah selera. Umumnya kopi yang tersedia berasal dari beberapa daerah di negara kita tercinta ini. Kita sebagai warga negara Indonesia patut bangga, kopi hasil bangsa disukai warga negara di berbagai belahan dunia! 

 

Duduk dan bersantai disini merupakan pengalaman baru buat saya. Berlama-lama di kedai kopi sambil mencari ide dan menuangkan kedalam sebuah tulisan, merupakan hal yang menyenangkan. Memperhatikan para pengunjung kedai kopi yang silih berganti, bersenda gurau hingga membicarakan bisnis menambah kehangatan kedai kopi ini. Banyak warga ekspatriat yang datang kesini hanya untuk menikmati secangkir kopi sambil membaca koran kemudian pulang. Kesan santai dan bahagia terpancar dari wajah mereka.

Nampaknya saya tertarik untuk mengulangi kegiatan ini di kemudian hari. Memperhatikan gerak-gerik para pengunjung sambil menikmati secangkir kopi hangat menjadi sebuah 'Secangkir kesenangan di pagi hari'! Bagaimana dengan Anda?

1 comment: