Tuesday, October 30, 2012

Boss VS Pemimpin

Tepat seminggu yang lalu, saya sempat tergelitik dengan sebuah tema di twitter tentang #pemimpin. Idola saya dalam dunia periklanan, Pak Subiakto (@Subiakto) mentweet perbedaan seorang 'boss' dengan seorang 'pemimpin'. Berikut ini saya kutipkan kembali tweet Pak Bi..

Seorang boss mempekerjakan bawahannya; seorang pemimpin mengilhami mereka 

Seorang boss mengandalkan kekuasaannya; Seorang pemimpin mengandalkan kharismanya 


Seorang boss menimbulkan anak buah ketakuan. Seorang pemimpin membuat anak buah segan 

Seorang boss mengakatan ‘SAYA’. Seorang pemimpin mengatakan ‘kita’ 

Seorang boss menunjukan siapa yang bersalah. Seorang pemimpin menunjukkan apa yang salah 

Seorang boss tahu apa yang harus dikerjakan; Seorang pemimpin tahu bagaimana seharusnya dikerjakan 

Seorang boss akan mengatakan 'Kamu telah gagal'. Seorang pemimpin akan mengatakan 'Kita telah gagal' 

Seorang boss akan mengatakan 'Kita sukses karena saya'. Seorang pemimpin akan berkata 'Kita sukses karena kita' 

Seorang boss akan berkata "Begitu tugas selesai kamu lapor ke saya". Seorang  akan berkata "Setiap ada progress kamu update saya"

Sekarang pilihan ada di tangan Anda, apakah 'hanya' mau jadi seorang 'boss' atau seorang 'pemimpin' yang bijak? :)

No comments:

Post a Comment